Konsep Android
Android adalah sebuah sistem operasi perangkat mobile
berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android
menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi
mereka. Android merupakan generasi baru platform mobile yang memberikan
kesempatan kepada pengembang untuk melakukan pengembangan sesuai dengan yang
diharapkan. Sistem operasi yang mendasari Android merupakan lisensi di bawah
naungan GNU, General Public License Versi 2(GPLv2), yang biasa dikenal dengan
istilah Copyleft. Istilah copyleft ini merupakan lisensi yang setiap perbaikan
oleh pihak ketiga harus terus jatuh di bawah terms.
Distribusi Android berada di bawah lisensi
Apache Software (ASL/Apache2), yang memungkin untuk distribusi kedua atau
seterusnya. Pengembang aplikasi Android diperbolehkan untuk mendistribusikan
aplikasi mereka di bawah skema lisensi apapun yang mereka inginkan.
Pengembang memiliki beberapa pilihan dalam membuat
aplikasi yang berbasis Android. Namun kebanyakan pengembang menggunakan Eclipse
sebagai IDE untuk merancang aplikasi mereka. Hal ini diikarenakan Eclipse
mendapat dukungan langsung dari Google untuk menjadi IDE pengembangan aplikasi
Android. Aplikasi Android dapat dikembangkan pada berbagai sistem operasi,
diantaranya adalah:
a. Windows XP/Vista/7
b. Mac OS X (Mac OS X 10.48 atau yang lebih baru)
c. Linux
Arsitektur Android
Secara garis besar arsitektur Android dapat
dijelaskan dan digambarkan sebagai berikut:
- Application dan Widget adalah layer dimana kita berhubungan dengan aplikasi saja. Di layer terdapat aplikasi inti termasuk klien email, program SMS, kalender, peta, browser, kontak, dan lain-lain. Semua aplikasi ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA.
- Application Framework adalah layer untuk melakukan pengembangan / pembuatan aplikasi yang akan dijalankan di sistem operasi Android, karena pada layer inilah aplikasi dapat dirancang dan dibuat, seperti content provider yang berupa SMS dan panggilan telepon. Komponen-komponen yang termasuk di dalam Application Framework adalah sebagai berikut:
a. Views
b. Content Provider
c. Resource Manage
d. Notification Manager
e. Activity Manager
- Libraries adalah layer tempat fitur-fitur Android berada, biasanya para pengembang aplikasi mengakses libraries untuk menjalankan aplikasinya.
- Android Runtime adalah
layer yang membuat aplikasi Android dapat dijalankan
di mana dalam prosesnya menggunakan implementasi Linux. Dalvik Virtual Machine
merupakan mesin yang membentuk dasar kerangka aplikasi Android. Di dalam
Android Runtime dibagi menjadi dua bagian yaitu:1. Core
Libraries Aplikasi Android dibangun dalam bahasa Java, sementara DVM bukan
merupakan virtual machine untuk Java. Sehingga diperlukan libraries yang
berfungsi untuk menterjemahkan bahasa Java/C yang ditangani oleh Core Libraries.
2. Dalvik Virtual Machineberbasis register yang dioptimalkan untuk menjalankan fungsi fungsi secara efisien, dimana merupakan pengembangan yang mampu membuat Linux kernel untuk melakukan threading dan manajemen tingkat rendah.
- Linux Kernel adalah layer dimana inti sistem operasi dari Android itu berada. Berisi file system yang mengatur system processing memory, resource, drivers, dan sistem-sistem operasi Android lainnya. Linux Kernel yang digunakan Android adalah Linux Kernel release 2.6.
Tool Android
Android SDK adalah tools API (Application
Programming Interface) yang diperlukan untuk memulai mengembangkan aplikasi
pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java. Beberapa fitur
Android yang paling penting adalah sebagai berikut:
- Framework aplikasi yang mendukung penggantian komponen dan reusable.
- DVM dioptimalkan untuk perangkat mobile.
- Integrated browser berdasarkan engine open source WebKit.
- Grafis yang dioptimalkan dan didukung oleh libraries grafis 2D, grafis 3D berdasarkan spesifikasi OpenGL ES 1.0.
- SQLite untuk penyimpanan data.
- Dukungan untuk audio, video dan gambar.
- Bluetooth, EDGE, 3G, Wifi.
- Kamera, GPS, kompas dan accelerometer.
- Lingkungan development yang lengkap dan kaya termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, profil dan kinerja memori serta plugins untuk IDE Eclipse.
Sumber :
NazruddinSafaat H.2012.Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet
PC berbasis Android
Fenomena Android di Kalangan Gadget Freak
BalasHapusTerimakasih sgt bermanfaat, ijin untuk referensi ya smg membawa barokah & manfaat
BalasHapus